Teknik Industri

Didalam bagian ini adalah bagian saya sebagai tenaga pendidik di departemen teknik industri universitas indonesia. Dengan berbagai pertanyaan yang sering diajukan mahasiswa dan didiskusikan bersama maka saya merasa perlu menuangkannya dalam tulisan.

Tentang Keilmuan Teknik Industri

Tentang Dunia Perkuliahan Teknik Industri

Tentang Pola Berpikir Unggulan sebagai Perekayasa Teknik Industri

Tips Meniti Karier sebagai Perekayasa Teknik Industri

Silahkan membaca dan semoga memberkan manfaat bagi anda

177 komentar pada “Teknik Industri”

  1. Saya kira masih masuk… namun jika anda ragu-ragu, paling tidak gunakan metodologi yg lazim digunakan di Teknik Industri. Analisa Kelayakan, Metode dan Alat Kualitas, dan lainnya

  2. Salam kenal Pak Hidayatno,
    blog bapak bagus sekali menjelasakan secara singkat padat dan mudah dicerna. Perkenalkan saya Diana mahasiswi S2 Teknik Industri disalah satu universitas swasta di Bandung. Saat ini saya baru memulai semester 2, saya belum ada gambaran mengenai tesis yang akan saya ambil. Tetapi saya tertarik mengangkat tema di bidang logistik. Apa bapak punya info atau saran tetang tesis yang berhubugan dengan dunia logistik saat ini atau permasalahan logistik yang bisa dibahas? Terima kasih .

  3. Assalamualaikum, Pak. Saya Alivanza mahasiswa baru di TI UI. Saya berencana untuk menulis sebuah esai mengenai energi berkelanjutan. Kira-kira, adakah topik menarik yang dapat dibahas dari segi keilmuan teknik industri? Terima kasih

    1. Kalau kamu suka bidang manufaktur maka coba buat tulisan tentang energy footprint dari proses manufaktur dan keekonomiaannya jika berpindah ke renewable energy seperti teknologi solar PV

  4. Terimakasih untuk tulisan bapak yang sangat membantu ini pak. Saya adalah seorang mahasiswi TA prodi Manajemen Rekayasa. Saya sedang mencari topik yang akan saya angkat. Saya tertarik dengan Analisa Defect pada produksi manufaktur, customer experience, manajemen proyek. Apa bapak punya saran untuk membantu saya memilih dari ke-3 pilihan tersebut?

    1. Defect itu lebih mudah didefinisikan didalam produk terlihat (tangible) karena obyektif dibandingkan jasa yang non-terlihat dan subyektif. Jadi prosesnya yang bisa menjadi topik kami dari pendefinisian, pengukuran dan analisa perbandingan defect. Tinggal dipilih mana yang menurut kamu bisa diterima oleh calong pembimbing kamu.

  5. Sebelumya saya ingin berterima kasih kpd bpk karena telah membuat blog yg sangat menarik dan bagus seperti ini.
    Pak saya mau nanya mengenai kegaluan saya di teknik industri ini..saya bertanya sma bpk, sya rasa kk lebih tau dan paham dengan Ti ini. Gini pak..saya di TI ni da 4 semester selama kuliah ni saya rasa TI agak membingungkan karena pembelajarannya yg campur2 dan gk terfokus kyk teknik lainya dan saya rasa juga Ti ni sudah kyk tdak dibutuhkan lagi di dunia yg semakin maju ni karena semua sudah dikendalikan dengan robot dan kecerdasan buatan lainya yg dibuat oleh jurusan lain. Jadi menurut bpk di industri 4.0 sekarang ni, ap yg harus ditingkatin oleh TI, keahlian apa yg harus dipelajari ( selain bahasa dan jadi enterpreneur) . Soalnya kak saya agk takut menatap dunia pekerjaan nanti takut juga tersaingi dengan jurusan lain. Mungkin bagi bpk yg dari universitas terbaik tidak terlalu pening dengan hal ini…tapi bagi saya yg dari universitas biasa2 saja dan akreditas jurusan yg masih C mungkin ini cukup berat.
    Saya juga pingin kerja atau kuliah nyambung s2 keluar negeri ….tapi saya merasa ilmu Ti saya tidak banyak terserap karena kebanyakkan teori. Jadi, ada gk saran dari bpk buat saya…kopetensi ap saja yg harus saya latih biar bisa bersaing dengan kemajuan jaman ni…Tolong masukkannya ya kak..Terima kasih….

    1. Robot dan kecerdasan buatan akan menghilangkan pekerjaan yang bersifat rutin dan monoton, sedangkan didalam perspektif Teknik Industri, pekerjaan kita adalah merancang, meningkatkan dan menginstalasi, jadi tidak benar bahwa pekerjaan TI akan hilang. Jadi kembangkan kemampuan problem solving dan penguasaan komputasi untuk perancangan digital (digital mock-up, prototyping) dan dukungan ke pemecahan masalah (data analytics dsb). Gunakan kampus kamu sebagai medium berkembang, namun jangan terpaku dengan statusnya. Sekarang kan jamannya para dosen diganti oleh youtube, jadi ikuti kuliah online gratis yang bisa diikuti.

  6. Pak saya minta saran judul skripsi tapi yang berhubungan dengan industri makanan ukm? Terimakasih

    1. Saya tidak familiar dengan bisnis makanan UKM, jadi tidak punya ide. Saran saya yaa terjun langsung ke salah satu pelaku industri ini, lalu diamati dan diwawancara apa permasalahan yang dialami.

  7. sore pak, saya mau nanya apakah lulusan teknik industri cocok untuk kerja di bidang kesehatan dan keselamatan kerja? dan dalam bidang ini apa saja yang harus di fokuskan? terimakasih

    1. Banyak konsep dasar di bidang K3 yang telah diajarkan di Teknik Industri, terutama pada pemahaman pentingnya analisa Berbasis proses. K3 juga unik untuk setiap jenis Industri, Manufaktur tidak seketat sektor Migas dsb. Sehingga pengetahuan sektor harus dikuatkan, misalnya untuk migas, maka prinsip teknik kimia perlu dipelajari. Namun yang terpenting di K3 adalah pemahaman peraturan K3. Jadi memang isinya mempelajari peraturan dan sangsinya.

  8. Selamat siang pak,
    Saya lulusan Teknik Industri, pekerjaan saya lebih banyak ke manajemen dan supply chain. saya rencana mau lanjut S2, tp keinginan ke teknik metalurgi dan material karena saya ingin kerja di negara middle east. apakah baik saya mengambil jurusan teknik material dgn basic saya teknik industri? ataukah sebaiknya saya mengambil jurusan s2 teknik industri? apakah jurusan S2 teknik industri banyak juga dibutuhkan di negara2 tsb? terima kasih mohon pencerahannya pak

    1. Saya tidak mengetahui kurikulum S2 Metalurgi dan apakah lulusan teknik industri diperbolehkan mendaftar dan apa kesulitannya. Namun jika anda memiliki keinginan yang kuat saya kira tidak ada masalah, karena berarti anda telah memiliki bekal terbaik dalam belajar yaitu motivasi yang tinggi.

  9. Selamat pagi Pak,
    Pak saya mau tanya untuk mencari jurnal ttg tenknik industri yang berhubungan dengan metode work sampling dimana ya pak?
    saya rencananya kerja prakteknya di administrasi perkantoran dan dosen pembimbingnya menyarankan menggunakan metode work sampling untuk permasalahan yang ditemukan diperusahaan tsb. kira” kendala menggunakan metode work sampling apa yaa Pak?
    terima kasih.

  10. Saya masih sma pak,saya mau tanya pelajaran” apa saja yang harus dikuatkan di teknik industri dan apakah fisika di teknik industri sangat rumit?,trims

  11. Selamat Siang Pak,
    saya ingin bertanya tentang bidang kajian atau spesialisasi teknik industri itu apa saja ? karena saya sebentar lagi akan melakukan kerja praktek dan saya masih bingung dengan arah tujuan saya. adapun ketertarikan saya terhadap manajemen lingkungan dan manajemen jasa.
    Mohon jawabannya Terima Kasih

    1. Akan berbeda beda tergantung dari kampus anda. Namun secara umum, anda bisa melihat situs IISE (Institute of Industrial and Systems Engineering) untuk gambaran yang ada disana/

  12. Selamat pagi, bapak hidayatno.. saya senang membaca artikel anda.
    Saya ingin bertanya, seorang mahasiswa teknik industri apakah diwajibkan untuk menggunakan aplikasi Catia dalam studi kasus tertentu? dan untuk apakah aplikasi Catia digunakan dalam ilmu statistika industri? Terimakasih atas waktunya

    1. Tidak, saya tidak tahu mengapa kok CATIA digunakan di statistika industri. Mungkin di modul statistik CATIA yang digunakan. CATIA merupakan aplikasi kuat untuk prototype digital produk yang kompleks, tapi bukan berarti wajib untuk anak TI

  13. Pagi pak
    Saya lulusan fib ui, rencananya mau melanjutkan s2 teknik industri ui.
    Apakah saya bisa diterima di TI walaupun s1 saya dari rumpun sosial?

  14. Selamat Siang Pak
    perkenalkan nama saya Cici saya salah satu mahasiswa Komunikasi. melihat latar serta pemahaman yang bapak jabarkan mengenai industri , ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan mengenai gambaran Industri yag akan datang. untuk saat ini apakah bapak sudah mengetahui mengenai SMART INDUSTRI ?
    lalu menurut bapak
    1. Apakah Smart Industri yang akan berkembang di Indonesia?
    2. apakah additive manufacturing sangat berperan penting dalam smart industri yang akan datang?
    3. lalu menurut bapak apakah setiap perusahaan yang ada di Indonesia sudah siap menerima jaman perubahan menggunakan SMART Industri?
    Terima kasih
    dan salam pak 🙂

    1. Saya berasumsi Smart Industri yang anda bahas ada kaitannya dengan konsep Industri 4.0 yang sedang trend saat ini, yaitu otomatisasi pada tingkatan tertinggi terhadap proses di Industri. Jadi saya akan menjawabnya dalam pemahaman ini.
      1. Iya, tapi kan tidak semua industri membutuhkan smart industri.
      2. Memiliki peran, namun untuk penting akan tergantung apakah kebutuhan fleksibilitas dan waktu singkat akan ada di Indonesia dalam jumlah yang cukup untuk menjustifikasi investasinya.
      3. Wah luas sekali yaa, untuk industri yang margin besar dengan volume besar, mereka sudah mulai mempertimbangkan smart industry karena menjanjikan efisiensi yang lebih baik. Jadi kesiapan nya tergantung dari tipe industri yang dimaksud.

  15. Malem Pa
    Saya ingin bertanya apakah jika masuk teknik industri harus lancar berbahasa inggris?

    1. Di Bidang Rekayasa atau Teknik, biasanya kita harus bisa paling tidak membaca dan menulis bahasa Inggris. Untuk berbicara tentu sebaiknya juga bisa, karena penting untuk menyampaikan ide. Jika kamu masuk kelas Internasional yaa lebih wajib kembali. Jadi ukuran lancar memang relatif, baca tulis wajib, berdiskusi sebaiknya bisa, apalagi kalau kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional

  16. Permisi pak. Saya mau tanya.
    Saya mhs d3 manajemen industri di salah satu ptn. Kalau saya melanjutkan untuk S1 ke TIUI bisa tidak ya? dan kira-kira berapa tahun?
    Terimakasih sblmnya.

    1. Anda akan masuk ke jalur S1 Paralel kelihatannya, karena disitulah dimungkinkan pengakuan terhadap kredit lampau, sehingga anda tinggal mengambil kuliah yang belum pernah diambil dan tidak bisa disetarakan

  17. Assalamualaikum pak
    Saya mahasiswa Teknik Industri, minta saran 3 buah mata kuliah pilihan apa yang harus saya ambil sesuai dengan yang benar-benar dibutuhkan untuk bekerja . . .
    ada 4 bidang minat yang disediakan:
    1. Manajemen Industri
    mata kuliahnya:
    • Human Capital Management
    • Manajemen Strategi
    • Knowledge Management
    • Manajemen Teknologi
    • Manajemen Resiko
    • Manajemen Keuangan
    • Manajemen Aset
    • Service Management
    • Rekayasa Produktivitas
    • Supply Chain Management
    • Sistem Pendukung Keputusan
    • Pemasaran Industri

    2. Operational Research
    • Six Sigma
    • Analisis multivariat
    • System Dynamics
    • Agent Based Modeling & Simulation
    • Business Inteligent

    3. Sistem Produksi
    • Advanced Automation
    • Lean Manufacturing
    • Halal Supply Chain Management
    • Intelligent Manufacturing Sytem
    • Sustainable Manufacturing
    • Manajemen Perawatan
    • Celular Manufacturing System
    • Busines Proces Integration
    • Humanatarian Logistics
    • CAD/ CAM/ CAE
    • Design Product & Development
    • Manajemen Logistik

    4. Ergonomi
    • Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)
    • Human Computer Interaction
    • Sistem Manusia Mesin
    • Ergonomi Industri
    • Enviromental Ergonomics
    • Ergonomic Design for Special Purpose
    • Cognitive Ergonomic
    • Macro Ergonomy

    mohon jawabannya segera, terima kasih

    1. Saya tidak mengetahui muatan detail dari setiap kuliah yang anda jabarkan, lalu anda sendir mau bekerja di bidang apa karena kan memang bidang pekerjaan TI luas sekali. Saya saran sih anda definisi kan terlebih dahulu pekerjaan yang diminati, lalu anda cari di internet kebutuhan generik dan spesifik dari pekerjaan tersebut, lalu match kan dengan muatan perkuliahan yang ditawarkan.

  18. salam kenal pak,

    saya tertarik utk melanjutkan kuliah di s2 teknik industry..
    background saya electrical dan pengalaman kerja baru 8 tahun di epc..
    dgn keiginan utk mengenal multidiscipline engineering management dan mengimplemntasikan di dunia epc apakah cocok utk melanjutkan kuliah s2 di teknik industry ?

    terima kasih

    1. Cocok cocok saja. Namun karena S2 mengandung unsur spesialisasi, jadi sebenarnya tidak terlalu generalist seperti S1 teknik industri. Sehingga silahkan diamati kelompok kuliah yang ditawarkan dalam setiap S2.

  19. Artikel ini sangat membantu untuk melebarkan pengetahuan saya.
    Kenalkan pak, saya mahasiswa Teknik Mesin Univ Muhammadiyah Yogyakarta sekarang sedang melakukan TA tentang analisa steering gear komponen utk kapal laut, setelah saya baca beberapa artikel di internet saya berkesimpulan bahwa Teknik Industri itu cabang ilmu multidisiplin, apakah benar begitu? Soalnya saya mengambil konsentrasi konversi energi, dan manajemen proses produksi. Disana saya menemukan mat kul yg sama kaya di Teknik Industri misal ergonomi, manajemen teknik, dll. Pendapat bapak saya cocoknya untuk meanjutkan S2 di Teknik Industri atau Teknik Perkapalan yg sesuai dengan konsen dan pengalaman saya dlm hal TA? Terimakasih.

    1. Frase cabang ilmu dan multi disiplin tedengar bertentangan yaa, cabang ilmu memiliki pemaknaan spesialisasi, sedangkan multidisplin seperti penggabungan dari spesialisasi.
      Namun ada benarnya juga dua istilah ini di Teknik Industri, karena saya pernah mengenalkan konsep spesialis generalis untuk menggambarkan keilmuan teknik industri. TI spesialis terhadap kesetiaannya mencari efisien dan efektivitas terbaik, namun generalis karena tidak menutup berbagai ilmu lain untuk membantunya mencapai hal tersebut (inklusif).

  20. Salam pak hadayatno, saya mahasiswa teknik industri. Selama saya kuliah sampai dengan sekarang lagi skripsi saya banyak belajar mengenai metode-metode. Namun saya melihat bahwa metode2 yang ada pada keilmuan industri justru dianggap metode yang simpel contohnya fishbone diagram sehingga banyak perusahaan beranggapan bahwa sebab akibat itu memang sudah seharusnya di fikirkan dan bisa difikirkan selain dari mahasiswa atau lulusan teknik industri.
    Saya ingin bertanya sebenarnya apa kompetensi mutlak mahasiswa teknik industri sehingga perusahaan harus merekrut lulusan teknik industri terima kasih banyak pak

    1. Kemampuan merangkai berbagai metode tersebut untuk menghasilkan sebuah solusi terintegratif. Di teknik industri kita mengenal konsep sistem, bahwa integrasi yang baik bisa menghasilkan output yang lebih besar dari hanya penjumlahan pekerjaan komponennya.

  21. Pak saya mahasiswa Ti yang baru ngambil TA, pak maaf saya mau minta pendapat, kan saya mengajukan proposal TA mengenai MSDM (penggajian) teteapi metodenya/tools dalam penelitiannya harus menggunakan tools yang baru, kira – kira baiknya pakai tools apa ya pak.
    terima kasih sebelumnya.

  22. Assalamualaikum, pak saya mau tanya kalau mata kuliah teknik industri mesin apa ajh iya ?? Soalnya saya kerja di salah satu bank dan saya ingin kuliah di bidang teknik industri mesin

    1. “Bidang teknik industri mesin” mungkin berbeda dengan yang dimaksud dengan teknik industri, karena di teknik industri, kita tidak hanya berbicara industri permesinan.

    1. Efektif adalah apakah Output mencapai target, sedangkan efisien apakah proses telah dilaksanakan sumber daya seoptimal mungkin. Jika anda ingin mengambil sebuah buah kelapa, maka anda bisa (1) memanjat sendiri dan mengambil buahnya (2) menyewa seekor monyet profesional untuk mengambil buahnya atau (3) memotong pohon kelapa hingga jatuh lalu anda ambil buahnya yang berserakan karena jatuh.
      (1) bisa tidak efektif, kalau anda tidak bisa menjawab, tapi jika memang bisa (1) (2) (3) akan efektif, tapi mana yang paling efisien?

  23. pak saya pelajar sma mau menanyakan apa tujuan TIUI itu?kan contohnya kalo TI ITB lebih ke manufaktur nah kalo TIUI lebih mengarah kemana??dan kalo bapak tau TI UGM juga mengarah kemana yaaa pak??terimakasih

    1. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini, karena menurut saya memang masing-masing sebenarnya sama namun memiliki kekhasannya yang berbeda pula.

  24. saya mahasiswi TI Unpas. ingin bertanya apa saja keunggulan di laboratorium TI UI dengan TI di univ lainnya?

    1. Laboratorium di TIUI dirancang sebagai sebuah kesatuan ekosistem yang saling mendukung konsep virtual design and analysis yang secara khusus memfokuskan diri pada perancangan ekosistem produk+jasa tidak hanya produk atau jasa. Walaupun setiap analisa bisa dilakukan secara terpisah. Itu mengapa aspek ergonomi dan perancangan produk menjadi motor utama, karena belajar dari pengalaman produk yang sukses di dunia (smartphone): semua desain dimulai dari manusia.

  25. Assalamualaikum pak.
    Maaf saya mau tanya apakah ada kaitan teknik otomotif dgn teknik industri ?
    Terimakasih pak

    1. Saya tidak tahu kurikulum teknik otomotif, sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Namun dalam kaca otomotif sebagai sebuah sektor industri, tentu ada hubungannya.

  26. perkenalkan pak, saya mahasiswa TI UPN Jakarta. Terima kasih blognya sangat bermanfaat, lanjutkan pak 🙂

  27. Asalamualaikum wr.wb. Salam unity’ pak saya teknik indistri dari sekolah tinggi teknologi garut yg baru semester 4, mau tahu pengalaman kondisi kerja apa yang sering dihadapi oleh sarjana TI , dan bagaimana cara mengetahui bidang yg cocok yg ada dalam diri seseorang, karena saya baru semester 4 belum menemukan prospek seperti apa yg lebih cocok untuk digeluti oleh saya, terkadang juga saya suka susah untuk memfokuskan terhadap suatu aktivitas misalnya saja sekarang sedang Uas lalu dibarengi dengan tugas serta praktikum, apa solusinya yg harus saya siasati menurut bapa yg lebih berpengalaman. Selebihnya saya haturkan Terima kasih sebelumnya.

    1. Ekspektasi utama seorang Perekayasa Industri adalah mampu menyelesaikan permasalahan dengan berorientasi kepada proses secara sistematis dan sistemik. Sehingga kesannya nanti kok kita terus menerus dikasih problem yaa, dan dengan bekal keilmuan kamu, kamu harus keluar dengan solusi yang hanya berfokus kepada satu aspek, namun multi-aspek sekaligus.

      Fokus memang sebuah komoditas langka dengan banyaknya gangguan terutama akibat teknologi informasi saat ini. Namun tidak ada cara lain untuk bekerja lebih efisien dan efektif, kecuali melalui latihan memfokuskan diri.

      Coba deh mulai browsing tentang berbagai tips untuk fokus. Nanti kamu akan menemukan berbagai tips dan cara untuk melatih dan mempertahankan fokus. Kamu juga akan menemukan ada konsep wide focus dan narrow focus.

      Intinya, kamu harus melatih soft skills kamu dalam meningkatkan kemampuan pribadi, selain mempelajari hard skills keilmuan tekni industri.

    1. Mohon maaf saya tidak begitu memahami proses penerimaan mahasiswa baru saat ini, jadi sebaiknya kamu lihat di masng-masing jalur masuk ke perguruan tinggi yang kamu inginkan. Ini jika maksud pertanyaannya adalah administrasi yaa. Saya tidak tahu apakah ada larangan IPS untuk mengambil jalur IPA.

      Jika pertanyaan tentang bisa mengikuti perkuliahannya, agak sulit menjawabnya karena tergantung dari kamu sendiri. Tidak ada yang bisa menebak kekuatan dari tekad dan kemauan yang kuat.

  28. Assalamualaikum pak, saya siswa sma kelas 12, saya memilih ti ui pada snmptn. Saya memiliki piagam tingkat internasional dalam bidang ICT. Apa hal tersebut mempengaruhi untuk masuk ke TI UI?

    1. Departemen dan Program Studi tidak dilibatkan dalam proses penerimaan mahasiswa baru, jadi saya tidak bisa menjawab. Proses ini seluruhnya ada di Universitas, coba anda tanyakan di berbagai akun UI.

  29. Salam sejahtera bpk hidayatno.
    Saya mahasiswa dr univ kristen maranatha, bdg.

    Blognya sngt membantu pak, membuka pikiran dan ide saya ttg keilmuan teknik industri yg tdk saya tau slma ini ttg apa itu lean, sistem enggineering thinking, dll.
    Mantap, trims bpk. Postlagi yg pembhasannya seru dan menarik hehe

  30. Salam sejahtera bpk hidayatno.
    Saya mahasiswa dr univ kristen maranatha, bdg.

    Blognya sngt membantu pak, membuka pikiran dan ide saya ttg keilmuan teknik industri yg tdk saya tau slma ini ttg apa itu lean, sistem enggineering thinking, dll.
    Mantap, trims bpk. Postlagi yg pembhasannya seru dan menarik

  31. Pak permisi saya ingin bertanya kalau kurikulum t industri di setiap kampusnya apakah berbeda?trims

    1. Kurikulum Teknik Industri di Indonesia biasanya berbasis kepada kesepakatan dalam Komunitas Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan TI yang dikenal sebagai BKSTI. Jadi kira kira 60 persen muatan yang sama. Setelah itu akan berbeda tergantung kebijakan Universitas, fakultas baru ciri khas dari Program Studi masing2. Di UI misalnya ada muatan Iiberal arts yang wajib untuk semua Program studi.

  32. Hello Pak, saya mahasiswi tek. industri. saya sekarang sedang mengambil tugas akhir, namun saya bingung untuk menentukan judulnya pak. menurut bapak, kira-kira di dinas pendapatan daerah provinsi apa yang bisa saya angkat sebagai topik tugas akhir ya pak? terimakasih sebelumnya

  33. salam hangat pak
    maaf mengganggu,mau bertanya kalau kita punya sertifikat olympiade fisika ngambil T.INDUSTRI,kemungkinan masuk jalur undangannya besar gak pak?/

    1. Maaf, saya tidak bisa menjawab karena tidak tahu tentang proses penerimaan di UI. Kami di departemen tidak memiliki kewenangan terhadap proses penerimaan, semua berada di tingkat universitas

  34. Assalamualaikum Bapak Dr Akhmad Hidaytno, ST., MBT

    Mohon perkenannya
    1. Membaca beberapa komentar Bapak ttg manajemen risiko, mohon perkenan Bapak untuk bersedia menjadi calon pembimbing disertasi yg akan saya angkat sebagai syarat pendaftaran kuliah S3 di UI
    2. Mengingat awal kuliah S1 & S2 berikut pengalaman kerja di bidang K3 atau Ergonomi., dapatkan topik2 tsb diajukan sbg proposal disertasi saya

    Atas perkenan dan informasinya, saya sampaikan terimakasih

    Salam
    Sandi Yudha Guntara, ST., MT

    1. Bapak, di FTUI saat ini terdapat kebiasaan bahwa pembimbingan S3 hanya bisa dilakukan oleh guru besar. Jadi mohon maaf, saya belum guru besar. Dan ergonomi atau K3 juga bukan merupakan bidang saya

    1. Kan kita tidak membedakan asal jurusan, yang penting jalur masuk yang anda pilih. Teknik Industri menggunakan jalur eksakta sebagai basis seleksinya, jadi kalau kamu bisa lulus jalur ini yaa bisa masuk ke Teknik Industri.

      Namun memang jalur eksakta didesain bagi jurusan IPA, artinya muatan ilmu-ilmu eksaktanya tinggi seperti matematikan, fisika, dll

  35. Assalammualaikum pak
    1. Menurut bapak mana yang lebih bagus teknik industri atau teknik mesin?
    2. Mana yang lebih banyak peluang kerja nya?
    3. Bagaimana cara kerja sarjana teknik industri?
    Makasih ya pak.

    1. Lha ya karena saya orang teknik industri yaa bagi saya lebih cocok teknik industri daripada teknik mesin. Saya tidak menggunakan kata bagus, karena bagus biasanya menunjukkan kepada kriteria tertentu, dan kriteria tersebut akan berbeda-beda bagi setiap orang. Peluang pekerjaan memang lebih luas teknik industri karena bidang pekerjaannya lebih luas, namun saya tidak punya data pasti soal ini.

      Cara kerja sarjana teknik industri yaa tergantung industrinya, namun secara umum semua pekerjaan pasti ada pemecahan masalah, jadi caranya tentunya pahami masalah, cari akar penyebab masalah, selesaikan akarnya, lalu monitor hasilnya.

  36. salam kenal pak hidayatno,
    saya mahasiswa akhir teknik industri,
    mau tanya tentang pengembangan metode IPA (Importance Performance Analysis) yakni Performance Control Matrix terkait pengukurannya dalam hal kualitas.
    ada beberapa bagian yang belum saya pahami terkait bagaimana mencari hasil bentuk zona diagram dalam PCM ini pak, sebagaimana dalam jurnal “A performance matrix for strategies to improve satisfaction among faculty members in higher education, karya Shun-Hsing Chen”
    kiranya bapak hidayatno berkenan membantu saya bagaimana cara menemukannya pak juga dengan bantuan software statistik apa kiranya zona diagram tersebut,soalnya dalam spss tidak ditemukan pak.
    terima kasih banyak yah pak sebelumnya…

    1. Prinsip IPA kan sebenarnya melihat apakah ada pengelompokan yang terjadi secara alami pada karena karakteristik datanya dengan menggunakan analisa statistik. Jika analisa dilakukan dan tidak terlihat adanya kelompok pada data, maka berarti semuanya memiliki kecenderungan mengelompok yg sama. Jadi perlu dilihat kembali pada datanya apakah memang demikian, dan ini berarti semuanya memiliki 2 karakter sama (misalnya penting dan lemah performancenya).

      Setahu saya sih di SPSS memang harus dimodifikasi dari analisa lain seperti scatter plot, namun saya tidak familiar dengan SPSS. Coba lihat di minitab terutama yang memiliki tambahan quality improvement module.

      1. iyah pak,
        terima kasih atas jawabannya…
        kiranya untuk metode baru Performance Control Matrix temuan Shun Hsing Chen, Taiwan Pak Hidayatno ada tahu tidak yah pak…
        serta istilah kalimat yakni Appropiate Performance Zone (APZ) dan Quality Loss Function (QLF) maksudnya apa yah pak hidayatno…

  37. Selamat Pagi Pak, Mohon maaf menggangu….
    Saya Mahasiswa T.Industri, lagi mempersiapkan untuk TA. Apakah TA dibangun hanya dari masalah yang sudah terjadi??? dan Untuk masalah yang terjadi dalam jangka panjang itu boleh tidak????
    Artinya sy mau ambil permasalahan yang tidak di sadari perusahaan untuk dalam jangka panjang???
    mohon jawabannya Pak. Trimaksihh

    1. Bisa, namun yang penting kan membangun argumen melalui bukti-bukti yang mengindikasikan kesana. Memang sulitnya ada bukti permasalahan jangka panjang biasanya tersembunyi dalam gejala-gejala masalah yang seolah-olah timbul dari permasalahan saat ini.

  38. selamat malam pak,saya ingin bertanya, apa peranan serta manfaat ilmu teknik indutri dalam kehidupan sehari hari? dalam hal ini berkaitan dengan aktivitas manusia, mesin, lingkungan,

    1. Ini pertanyaan kok mirip tugas kuliah yaa? Jawaban idealnya sih seorang teknik industri akan selalu menjadi teknik industri dimanapun dia berada, termasuk kalau di rumah. Meja kerjanya akan menggunakan 5S, susunan komputernya akan ergonomis, bahkan jika masuk dapur, peletakan material dan alat dapur akan disesuaikan dengan 2-hand process chart.

  39. Pak saya mau bertanya dalam FMEA, salah satu langkahnya adalah penyusunan diagram CFMEA.bagaimanakah konsep dengan pendapat yang paling baik dilakukan, agar CFMEA tepat dan benar ?

    1. Semua konsep analisa resiko selalu memiliki hubungan semi-kuantitatif berdasarkan pengalaman, pengetahuan dan kesanggupan resiko dari para nara sumber, jadi anda perlu mempertimbangkan hal ini. Tepat dan benar dalam perspektif manajemen resiko yang harus anda pertegas pula dalam awal kegiatan pemetaan resiko, sehingga tidak menjadi masalah pada akhirnya nanti.

  40. salam kenal pak,
    saya sarjana teknik industri lulusan PTS, sedang dalam proses masuk S2 di ITB
    Apakah kemungkinan saya lewat di ITB ada, karena saya sebelumnya dari PTS?
    Apa perbedaan antara sistem manufaktur, manajemen industri dan sistem industri dan tekno ekonomi?, karena saya memilih di bidang manajemen industri dan sudah ada rencana thesis yaitu analisis lokasi yang cocok untuk pembangunan kawasan industrti yang berdampak terhadap menghidupkan aktivitas pelabuhan di lokasi tersebut dan berkembangnya kawasan dan sdm di lokasi tersebut. Apakah sesuai manajemen industri dengan rencana tesis saya?

    Thanks

    1. Waduh, saya tidak tahu detail apa yang diajarkan di setiap peminatan S2 di ITB. Walaupun kesan saya mendengar topik anda, sebenarnya lebih cocok di tekno ekonomi kelihatannya

      1. salam hangat pak, perkenalkan saya mahasiswa Teknik Industri semester akhir, lansung saja pak, saya ambil skripsi tentang desain produk baru yang saya ciptakan dengan penerapan metode Kansei Engineering, di fakultas saya termasuk baru untuk pemakaian metode baru ini, yang saya mau tanyakan apakah tepat pemakaian perhitungan metode Kansei Engineering ini menggunakan analisis Conjoint?
        mohon penjelasanya..
        terimah kasih.

      2. Bisa saja, selama proses dalam melakukan kensei questionnairenya sudah mengikuti persyaratan data statistik yang diminta oleh conjoint analysis. Beberapa paper ilmiah sudah melakukannya, dan saya pernah tahu mahasiswa di TIUI juga pernah melakukannya. Statistik is about Data, jadi setiap methods dalam statistics biasanya meminta syarat tertentu yang harus dipenuhi. Walaupun bisa saja data tersebut “diolah” terlebih dahulu supaya sesuai. Tapi ini yang harus anda diskusikan dengan pembimbing

  41. pak mohn maaf mengganggu,,saya mahasiswa dari teknik industri , sedang menjalankan TA (skripsi), saya bingung dan mentok, judul TA saya tentang TPM,OEE,FMEA, minta bimbingannya pak heeee dan arahannya..

    1. Awal teknik industri berdiri dan dikembangkan di Indonesia, keduanya sering digunakan dengan makna yang sama. Namun dewasa ini keduanya memiliki makna yang berbeda. Bahkan tidak lagi disarankan menggunakan kata teknik manajemen industri, hanya teknik industri saja. Dalam kacamata teknik industri, teknik industri lebih luas dan mendalam dibandingkan teknik manajemen industri.

  42. ass.. pa
    perkenalkan nama sy santoso, sy mahasiswa teknik industri smster 7 dr kmpus unindra jaksel. dikmpus sy tdk memiliki banyak laboratorium praktikum sprti di UI , apakah itu mempengaruhi penyerapan ilmu teknik industri yg wajib diperoleh mahasiswa dgn fasilitas praktikum yg seadanya?. sy masih ingin mndalami teknik industri scara total pa. apa yg hrus sy lanjutkan? sy ada niat untuk mlnjutkan ke S2 teknik industri, mohon saran dan masukannya pa. apa dasar S1 teknik industri yg sy dapatkan sudah kuat untk lnjut ke S2 ? terima kasih pa.

    1. Di Indonesia, ada standard minimal laboratorium yang harus dimiliki oleh Pendidikan Teknik Industri. Hal ini merupakan kewajiban bagi semua penyelenggara pendidikan tinggi teknik industri, jadi saya berasumsi maka di kampus kamu persyaratan minimal ini telah dipenuhi, karena ini akan mempengaruhi nilai akreditasi.
      Niat untuk melanjutkan studi ke S2 teknik industri adalah baik, namun desain kurikulum S2 teknik industri biasanya sudah masuk kearah peminatan spesifik. S2 tidak lagi generalis seperti di S1, jadi saya ragu apakah kamu akan “total” mendapatkan keilmuan teknik industri.
      Saya kira sih dasar S1 kamu akan mencukupi jika akan mengambil S2 teknik industri

  43. Mohon penjelasannya tentang PPIC dan contoh kasusunya. Blog ini sangat membantu..untuk mempedalam ilimu teknik industri

    1. Kapan-kapan saya buat artikel sendiri ya tentang ini, karena sudah sangat jauh ceritanya soal PPIC. Semoga saya ada waktu untuk menuliskannya.

  44. pertama-tama saya ingin berterimakasih kepada bapak yang sudah membuat postingan yang sangat berbobot dan bermanfaat ini.

    saya siswi dari kelas XII IPA yang belum memiliki gambaran yang jelas tentang jurusan apa yang akan saya ambil di universitas nanti. Jika di telisik lagi saya tidak begitu pandai dalam pelajaran IPA(salah jurusan) tapi alhamdullilah nilai saya masih di atas rata-rata. nah, saya tidak memiliki minat dalam hal fisika maupun kimia apa saya cocok/pas jika saya berangan-angan memasuki jurusan teknik industri ?

    dan juga banyak orang berkata jika teknik industri itu mempelajari secara meluas tapi tidak mendalam. sehingga jika di banding ilmu teknik yang lain teknik industri istilahnya -hanya sekedar tahu- tapi tidak ahli. apa itu benar pak ? mohon bantuannya 😀

    1. Anggapan orang tentang luasan keilmuan teknik industri adalah wajar, karena persepsi umum dalam belajar ilmu teknik adalah spesialisasi. Sehingga jika ada yang seperti TI yang spesialisasinya adalah generalis, dianggap aneh dan tidak ahli. Mungkin lebih mudah jika kita melihat disiplin ilmu arsitektur, banyak arsitek kawakan yang mampu menghasilkan karya besar dengan melakukan kombinasi terhadap berbagai elemen alam. Apakah dia tidak ahli, karena dia hanya memiliki sedikit ilmu tanah, ilmu bangunan, ilmu lingkungan dan ilmu air?
      Artinya dia tetap ahli, cuman bukan pada bidang ilmu tertentu tetapi mengkombinasikan ilmu-ilmu lainnya. Dia perlu tahu ilmu-ilmu tersebut pada tingkat kedalaman yang berbeda-beda supaya memiliki bekal cukup untuk membuat berbagai kombinasi solusi atau desain. Permainan catur menjadi asyik bukan karena banyaknya komponen, tetapi karena berbagai kemungkinan pergerakan dari setiap elemennya. dimana setiap elemen memiliki aturannya yang harus dipelajari dan ditaati terlebih dahulu.

      Jika anda tertarik untuk tetap di bidang teknik, maka apa yang anda utarakan membuat anda cocok untuk masuk teknik industri.

      1. terimakasih atas jawaban bapak

        tetapi ada sedikit yang masih mengganjal.
        di angan-angan saya teknik industri juga mempelajari bagaimana mesin di buat, bagaimana kedepannya kita membuat mesin dengan teknologi baru yang super canggih untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan. apakah juga serumit itu ?

      2. Bukankah mesin canggih tetap membutuhkan manusia untuk mengoperasikannya, butuh uang pendanaan sehingga orang bisa membelinya, pemeliharaan yang terjadwal dengan baik, serta rantau supply sehingga bisa bekerja secara baik pula.

        Saat ini mungkin bagi kamu terasa rumit, namun nanti hal-hal akan menjadi common sense bagi perekayasa industri. Bahkan akan heran kenapa kok orang lain tidak memikirkan yang sama. Percuma bikin mesin canggih tapi terlalu mahal untuk dibeli kan?

  45. pak saya mau tanya, apakah bisa melanjutkan program S1 Teknik industri, sedangkan background saya dari D3 teknik mesin. saat ini saya ini saya bekerja di management buliding.
    terima kasih.

    1. Secara keilmuan memungkinkan, nanti akan ada mekanisme transfer kredit dari D3 kamu sehingga tidak semua mata kuliah perlu diambil, namun PT kamu sudah diakui oleh PT yang dituju

  46. Pak saya ingin tahu darimana kita bisa mengetahui suatu kampus apakah fokus pada manufaktur atau fokus pada jasa dalam jurusan teknik industrinya? terimakasih.

    1. Lihat lokasi kampus tersebut apa industri yang berkembang di sekitarnya, lihat kecenderungan lulusan bekerja dimana, lalu lihat saja informasinya (website atau media lain) apakah memang menyebutkan fokus ke mana.

      Memang untuk teknik industri akan terdapat kurikulum dengan nama yang relatif sama, namun studi kasus, bobot ajaran, keahlian dosen akan berbeda seiring dengan ciri khas yang difokuskan.

  47. Halo, saya alumi mahasiswa jurusan Tek.informatika, dan rencanaya mau S2 Tek.Industri, dan ingin bekerja di bidang K3. apakah itu memungkinkan? mohon saran nya

    SALAM

    1. Sebenarnya memungkinkan, namun anda pastikan anda memiliki S2 Teknik Industri yang secara jelas mencantumkan ergonomi atau faktor manusia sebagai salah satu peminatan atau topik tesis yang memungkinkan.

  48. salam hangat pak saya mahasiswa smester 4 saya ingin tau plus nanya. mata kuliah apa saja yang harus di fokuskan di teknik industri yang nantinya di butuhkan atau yang lebih di butuhkan. makasih sebelumnya.

    1. Pertanyaan ini selalu membuat bingung karena sulit menangkap apa yang sebenarnya kamu ingin tanyakan. Fokus TI adalah bagaimana mengkoneksikan antar apa saja yang kamu ketahui untuk dikombinasikan sedemikian rupa sehingga didapatkan sebuah sistem yang lengkap dan lebih baik. Jadi fokusnya bukanlah pada apa yang lebih dalam dipelajari. Untuk melatih ini maka ada beberapa mata kuliah TI yang bersifat desain integratif, seperti perancangan produk, proses, pabrik atau teknik industri (pabrik+support sistemnya).

  49. salam hangat pak
    saya mahasiswa teknik industri semester 4 mau tanya pelajaran apa yang harus di fokuskan untuk menunjang karir saya di dunia industri nanti???
    mksh pak seblumnya

    1. Tentunya silahkan kamu pilih peminatan yang kamu sukai dan mulailah berkarya di sana. Namun secara umum, kekuatan teknik industri adalah paka pola pikir sistem dan kemampuan pemecahan masalah. Latihlah kedua hal ini.

  50. pak, saya siswa kelas XII SMAN 1 Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Lampung.
    saya ingin mengambil teknik industri di Ui melalui jalur snmptn tahun ini, tapi saya terlalu pesimis, karna yang menjadi penilaian adalah nilai rapor, UN dan prestasi lainnya. meskipun nilai rapor saya bagus disekolah tapi yang membuat saya pesimis saya tidak memiliki piagam2 akademik dluar sekolah 😥 apakah piagam itu juga sangat berpengaruh untuk penilaian2 penerimaan tersebut?

    1. Hingga saat ini, saya tidak pernah ikut dan tidak tahu bagaimana proses pemilihan kandidat dari jalur undangan atau snmptn di UI, karena hal ini memang menjadi kewenangan dari tim Universitas. Memang secara logika, jika ada kesamaan nilai dari dua atau lebih kandidat sedangkan kapasitas yang dimiliki terbatas, maka dicarilah prestasi-prestasi lain yang membuat seorang kandidat bisa lebih unggul dari yang lainnya. Namun bagaimana ini terjadi dan seperti apa, saya tidak memiliki informasinya

  51. pak,saya ingin tahu di teknik industri apakah kemampuan pintar bahasa inggris benar2 d pertimbangkan?
    terimakasih atas jawabannya

    1. Jika kamu berbicara untuk kondisi di Teknik Industri UI, maka iya, karena ada kebiasaan untuk melakukan laporan dan presentasi dalam bahasa Inggris, bahkan beberapa ujian dalam kelas menggunakan bahasa Inggris. Ini karena Indonesia telah cukup berhasil menempatkan dirinya di kancah global, jadi sudah tidak boleh ada alasan lagi bagi generasi berikutnya tidak menggunakan bahasa Inggris.

  52. Mohon info nya pak,, saya alumni teknik industri di palembang yaitu di universitas bina darma palembang,, saya mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan di daerah saya mohon info dan saran nya.tks

    1. saya tidak tahu bagaimana kondisi Palembang dan sekitarnya secara industri yang berkembang dan bagaimana fokus TI di kampus kamu., apakah jasa atau manufaktur atau seimbang.

      Dunia kerja adalah dunia yang kompetitif. Cara memenangkan adalah lebih baik atau lebih unik. Jadi menurut kamu apakah Kamu sudah lebih baik dari teman kamu? Dan pengalaman saya bidang kuliah hanyalah membantu tapi bukan point utama. Yang utama adalah apakah kamu cukup memiliki kemampuan yang membedakan kamu lebih baik dari yang lainnya.

  53. saya bekerja di dinas pertambangan dan energi, sy sebagai bendahara gaji, saat ini sy sedang bingung untuk membuat tugas sehari2 yg berkaitan dgn bidg industri sbgai bhn penyesuaian ijazah saya.. mhn arahannya pak, trims

    1. Di sektor jasa atau pekerjaan yang bersifat jasa sebenarnya cukup banyak yang bisa dilakukan oleh teknik industri. Namun untuk gaji, saya menyarankan untuk menggunakan pendekatan six sigma atau lean management atau gabungan keduanya yang menjadi lean six sigma untuk melihat apakah ada proses yang bisa ditingkatkan Kualitas nya baik dari segi waktu, kesalahan atau keakuratan.

  54. Assalamu’alaikum pak saya mau nanya kira” topik apa yang cocok untuk kerja praktek yg berhubungan dengan mutu?
    mhon bantuannya pak.
    terima kasih.

    1. Peningkatan mutu berhubungan dengan pemecahan masalah. Jadi coba cari permasalahan saja dulu. Bisa mulai dari mencari masalah berbasis QCDSM (quality, cost, delivery, safety and morale) untuk mendapatkan topiknya.

  55. salam hangat pak:)
    saya sma kelas 12 ipa yang lulus tahun ini.
    . saya mau tanya, yang membedakan universitas dengan institut t.industri apa saja??
    mohon penjelasannya ya pak:)
    tq

    1. Saya yakin ada tulisan saya dalam blog ini yang menyinggung hal ini. Singkatnya karena universitas lebih universal keilmuan yang dikelola maka kesempatan buat kamu utk bisa berinteraksi dengan bidang lain akan memperkaya pengalaman kamu dibandingkan institut. Namun tentunya hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing program TI di universitas tersebut. Karena ada program ti yg walaupun berada dalam universitas masih bercirikan institut karena sekolah dosen dosennya dari institut

  56. pak , saya ingin masuk teknik industri di ui , saya kelas 12 , jalur yang mesti di tempuh adanya apa saja?

    1. Secara jujur, jelas akan lebih sulit daripada IPA, namun bukan mustahil. Kamu harus bekerja lebih keras mengejar latihan-latihan mata ajaran IPA. karena walau bagaimanapun teknik industri masih merupakan bidang ilmu teknik.

  57. terima kasih pak atas pnjelasannya..
    oy pak,, jrusan teknik industri tidak apa2kn jika mngambil skripsi mengenai metode balance scorecard..??

  58. mohon pencerahannya pak untuk sisi marketing yang ada di keilmuan teknik industri. apa yang membedakan pendekatan marketing (pemasaran) nya anak TI dengan anak manajemen/bisnis? terutama untuk objek perusahaan yang berfokus di pelayanan jasa (bukan produk/manufaktur). terimakasih banyak pak

    1. Ada beberapa cara. Kamu bisa menggunakan pendekatan atau alat kuantitatif yang cukup kompleks untuk memperkaya pemasarannya (misalnya optimasi, statistik lanjut – doe dll), dengan memandangnya sebagai sebuah bagian dari perancangan produk atau jasa, mengintegrasikan beberapa tools sederhana sehingga menjadi sebuah urutan yang logis untuk memperkaya analisa marketingnya (memandang marketing sebagai permasalahan kualitas)

  59. Pak,, saya mau bertanya mengenai perbedaan metode pengukuran produktivitas Omax dengan metode parsial pospac..??

    1. Saya jawab secara konsep saja, kalau detail seharusnya sudah diajarkan di kuliah. Produktivitas adalah ukuran non-finansial pertama yang mencoba menghilangkan unsur uang dan manggantikannya sebagai sebuah rasio input dan output. Kenapa kok penekanan non-finansialnya? Jaman dulu data yang dimiliki perusahaan hanyalah data finansial. Namun karena ukuran finansial tradisional (likuiditas, solvabilitas dll) tidak cukup menggambarkan apa yang harus dilakukan perusahaan untuk menjadi lebih baik, maka dikenalkan pengukuran produktivitas. Namun kalau data lengkap, hanya satu produk, divisi tidak banyak, perusahaan cuma satu maka perhitungannya akan mudah. Lha gimana kalau multiple product, divisi yang terlibat macem-macem, punya beberapa anak perusahaan, kan jadi repot.

      Jadi variasi pengukuran produktivitas terbentuk: ada yang memudahkan pembacaan sehingga langsung tahu tingkat produktivitas dan bagaimana mengejarnya, ada yang mencoba melakukan perbandingan antar divisi dan lain-lain

  60. assalamualaikum pak hidayanto, thank buat tulisan bapak yg benar2 membangun dan inspiratif buat sy, setelah membaca tulisan bapak sy jadi yakin TI cocok buat sy.
    Bapak seorang pengajar TI di UI, sebuah universitas yg “sangat” diidam2kan oleh banyak, atau mungkin seluruh lulusan SMA di Indonesia

    sy adalah siswa SMA favorite di daerah saya (Kota Bima) , namun sy kira jika di bandingkan dengan SMA di daerah maju lainnya seperti daerah jawa,,, sepertinya siswa SMA saya kalah jauh. 😦

    Yang saya ingin tanyakan dari bapak,
    – kira2 tes masuk dan peluang lulus di TIUI itu bagaimana ya pak?
    – menurut pengalaman bapak kira2 materi pelajaran apa yang paling sulit dan cara mengatasinya?

    mungkin itu saja pak,
    sy berharap besar untuk bapak menjawab pertanyaan saya.
    atas perhatian Bapak, sy mengucapkan terimakasih

    1. Saya kemarin lihat dari profil angkatan di TIUI, sudah cukup banyak mahasiswa yang berasal dari SMA “non-pulau jawa”, dibandingkan awal tahun 2000-an, jadi jangan berkecil hati.
      Saya tidak memiliki data tentang bagaimana tes masuk UI saat ini, karena adanya berbagai “jalur”. Silahkan anda ke penerimaan.ui.ac.id.
      Sehingga maaf saya tidak memiliki “pengalaman”, lha wong saya kan masuknya awal tahun 90-an, sudah jauh berbeda pastinya.
      Konsentrasikan saja kepada seleksi masuk nasional yang ada, karena UI masih menerima mahasiswa dari jalur ini.

  61. pak, kira2 ada gambaran nyata(aplikasi) tidak untuk program teknik industri ke bidang
    semisal kontruksi

    karena saya ingin menyusun skripsi di bidang tersebut

    thanks

    1. Saya tidak punya jika anda menanyakan “gambaran nyata”, yg ada adalah remang2 😀 . Ada baiknya kamu cari di internet dengan kombinasi kata construction dengan metode yg lazim di Teknik Industri, dan misalnya “six Sigma in construction” dan lainnya.

      Di bidang ilmu sipil sendiri ada pendekatan yg diberi nama value engineering, yg memiliki perhitungan berbasis kepada ekonomi teknik. Coba kamu eksplorasi ke sana.

  62. Woowwww… thats so awesome about IE…
    saya jg mohon bertanya pak,saya smester akhir dari jurusan teknik industri jg,namun saya sambil bekerja di dunia kedirgantaraan/aircraft bagian aerostructure of aircraft.
    yg saya tanyakan metoda apa yg lebih simple namun efektif untuk skripsi saya yg berkenaan dngan dunia kedirgantaraan terhadap teknik industri..
    sblunya saya ucapkan trimakasih bnyak bpak

    1. Simple dan efektif. Nanti akan dipermasalahkan karena kurang ilmiah 🙂
      Menurut saya sih metode yang paling flexible utk diterapkan dimana saja yaa lean management atau six sigma utk bidang ti

  63. assalamualaikum dan salam kenal
    saya sering dengar nama bapak di dunia teknik industri khususnya pemodelan sistem, tp baru kali ini saya menemukan blog bpk, salam kenal. saya roberta zulfhi surya, staf pengajar teknik industri universitas islam indragiri riau… boleh saya minta email bpk? email saya robertazulfhi@yahoo.co.id
    trimakasih 🙂

  64. Selamat malam,
    Salam Kenal,
    Perkenalkan Nama saya riyan, langsung saja.
    saat ini saya sedang menyusun skripsi, tetapi kendala yang ada yaitu sulit untuk menentukan tema yg sesuai,
    karena saya bekerja dibidang alat berat, dan saya ingin mengkaitkan teknik industri dengan alat berat,
    mohon bantuan jawabannya serta solusi dari permasalahan tsb??
    trimakasih

    1. Anda dapat memulai mencari topik skripsi dari:
      1. Kuliah apa yang anda sukai dan kuasai
      2. Permasalahan apa yang dihadapi oleh anda, rekan anda, atau organisasi ditempat bekerja. Permasalahan ini bukan berarti negatif saja, tetapi positif, yaitu ingin meningkatkan atau memperbaiki
      3. Membaca sebuah jurnal atau publikasi yang berhubungan dengan alat-alat berat sehingga bisa menimbulkan ide untuk melakukan hal yang sama

      Semua industri secara sederhana pasti memiliki 5M: man, machine, material, methods dan money, jadi industri alat berat pun pasti memiliki 5M yang bisa menjadi awal mula pencarian topik anda

  65. Pak, saya adalah mahasiswa baru tahun ini, saya ingin bertanya tentang ruang lingkup kajian teknik industri yang di tinjau dari definisi teknik industri dan keterkaitan ilmu teknik industri dengan ilmu yang lain. mohon penjelasannya

    1. Walah pertanyaan kamu ini dijawab dalam satu buku yang diajarkan di Kuliah Pengantar Teknik Industri, gimana kalau kamu tunggu saja satu semester lagi, jadi pertanyaan kamu bisa kamu alihkan ke yang lebih spesifik.
      Intinya teknik industri adalah sebuah keilmuan inklusif bukan eksklusif, sehingga ruang lingkup kajiannya terkadap dianggap orang-orang mencakup bidang keilmuan lainnya, namun secara intinya harus memiliki ciri-ciri kedefinisian teknik industri seperti engineering approach, multi disiplin dan performance based. Performa yang dituju dan ditingkatkan adalah performa secara efektif dan efisien, jadi output dan prosesnya harus terbaik. Untuk mendapatkan ini, perekayasa industri boleh mengunakan berbagai pendekatan, metoda dan alat untuk mencapainya, itulah kenapa teknik industri dianggap keilmuan yang inklusif, artinya terbuka terhadap keilmuan lain untuk membantunya mencapai peningkatan performa.

  66. masih sedikit bingung pak.
    bisa kasi contoh nyata di perkuliahannya gimana pak pengaruh aspek2 tsb terhadap perkuliahnnya?
    maaf jika merepotkan.

    1. Saya tidak memiliki pengalaman kuliah ditempat lain, jadi saya tidak bisa memberikan contoh nyata yang kamu harapkan untuk lainnya.

      Untuk TIUI misalnya, karena kami berada di universitas maka beberapa penelitian di bidang ergonomi (bidang faktor manusia) melibatkan peneliti dari fakultas kedokteran dan kedokteran gigi, fakultas psikologi atau fakultas kesehatan masyarakat yang biasanya fakultas “sosial” atau “kesehatan” ini tidak ada di perguruan tinggi yang berstatus institut.

      1. Saya kurang setuju pak..Realitanya,selama ini telah banyak penelitian yang dilaksanakan di kampus saya dengan bekerja sama dengan universitas yang berada di dekat kampus (institut gajah dengan universitas pangkalan damri)..
        kerjasama ini sudah dilakukan sejak lama..
        jadi menurut saya,tidak adanya fakultas sosial ato kesehatan atau apapun itu di sebuah institut bukan berarti institut tersebut tidak bisa melakukan penelitian di bidang2 tersebut.

      2. Wah hebat, berarti sudah terjalin kerjasama antar institusi yang kuat. Saya sangat gembira mendengarnya, karena berarti TI sudah berhasil menjadi motor integrasi, apapun bentuknya.

      3. tidak hanya di bidang TI pak..penelitian2 jurusan teknik lain juga (kalo memang perlu) melibatkan univ lain..misalnya teman saya teknik penerbangan,melakukan penelitian buat TAnya ttg teori abfraksi yang terjadi pada gigi pada saat digunakan mengunyah,menggunakan analisis metode elemen hingga.penelitiannya dilaksanakan bersama seorang dokter gigi univ tsb.intinya,dia(teman saya) bisa mengaplikasikan ilmu engineering yg didapat di kampus ke bidang non-engineering,sekalipun bidang tsb ngga ada di kampus saya..Tentunya hal ini hanya bisa terjadi jika kedua insititusi tsb sudah menjalin kerja sama yg saling menguntungkan.

      4. Tentu saja bidang ilmu teknik akan selalu dapat memberikan kontribusi kepada bidang ilmu lain, seperti biomedical engineering, usability engineering dll, seperti yang juga terjadi di negara maju. Problemnya di Indonesia adalah hal-hal yang bersifat multidisiplin semacam ini masih jarang dan bersifat insidental.
        Teknik Industri yang sudah terbiasa bekerja dalam kondisi multidisiplin karena memang keilmuannya juga dibangun dengan basis pendekatan multi disiplin, seharusnya menjadi motor dalam memperluas dan menjaga konektivitas antar disiplin ini, sehingga tidak hanya menjadi insidentil tetapi menjadi suatu hal yang secara rutin terjadi ketika berhadapan dengan permasalahan yang kompleks.

  67. nanya dong pak..sepupu saya mau masuk jurusan teknik industri.tapi blum tau mau masuk kampus mana..pilihannya antara beberapa PTN terdepan. kira2 yg mana yang paling bagus kualitasnya menurut bapak??
    makasih.

    1. Semua yang anda sebutkan memiliki kualitas yang bagus, jadi saya kira pertimbangannya akan lebih mudah, pilih saja, pasti bagus.
      Beberapa hal yang bisa membedakan adalah aspek dibawah ini:

      Ada beda ruang lingkup keilmuan antara universitas dan institut, universitas memiliki ruang lingkup keilmuan yang lebih luas dibandingkan institut. Itulah mengapa mahasiswa di universitas memiliki kesempatan lebih luas untuk berinteraksi dengan mahasiswa lain yang berbeda pola pikir dan konsepnya (misalnya antara teknik vs psikologi vs kedokteran vs dll)

      Pada keilmuan TI sendiri ada yang sudah berdiri sendiri, namun juga ada yang masih bergabung dengan induknya, sehingga memberikan warna tersendiri akibat hal ini

      Kota atau daerah tempat kampusnya. Lingkungan sekitar kampus juga mempengaruhi budaya dan kebiasaan dalam kampus tersebut. TIUI misalnya, sadar bahwa berada pada ibukota Jakarta, menyesuaikan dirinya terhadap kebutuhan spesifik Jakarta, namun dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan Indonesia.

      Jadi semuanya yang anda sebutkan bagus, hanya berbeda

      NB: Maaf komentar anda saya edit untuk menyamarkan nama kampusnya yaa

  68. Ijinkan saya bertanya cukup banyak tentang dunia teknik industri,
    Saya tergolong orang yang cukup pandai, hanya saja terlalu tidak konsekuen dengan rutinitas dan ketekunan belajar. Nilai rapor kelas 1 dan kelas 2 saya kacau akibat terlalu asyik berkutat dengan dunia organisasi. Tetapi nilai-nilai saya di kelas 3 ini memperbaiki segala kesalahan saya di masa lampau, dengan rata-rata mencapai 90. Saya tertarik dengan prospek pekerjaan yang ditawarkan kepada lulusan bidang teknik industri. Selain itu saya menemukan minat dalam beberapa bahan ajaran yang diwajibkan dalam teknik industri itu sendiri. Hanya saja saya ragu-ragu dalam banyak hal, terutama nilai saya.
    1. Apakah dengan nilai rata-rata 70 di kelas 1 dan 2 bisa membuat saya bersaing dengan sehat (tanpa persaingan nominal uang sumbangan) lewat jalur tes masuk perguruan tinggi, terutama UI?
    2. Mana yang menjadi fokus utama Teknik Industri, bidang IPA ataukah IPS?
    3. Dan berapa besar peluang saya berkembang jika saya contoh orang yang bosan dengan rutinitas dan working under mood, dalam bidang teknik industri ini?

    Saya tahu pertanyaan saya cukup konyol, tetapi saya benar-benar tidak menemukan tempat yang lebih tepat untuk bertanya selain di sini. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    1. Satu-satunya pertanyaan yang konyol adalah pertanyaan yang tidak diajukan.
      Bahkan pertanyaan yang tidak memiliki jawaban, tidak dikatakan konyol, karena dianggap sebagai pertanyaan penembus batas keilmuan yang perlu dicari jawabannya.
      Jadi janganlah berhenti bertanya, cuma karena takut dikatakan konyol atau bodoh.

      Hanya untuk nomor 1, saya tidak bisa menjawabnya, karena saya tidak memiliki data terkini, maaf.
      No 2, IPA

      No 3, bidang kerja teknik industri memang memberikan variasi yang luas dibandingkan ilmu teknik lainnya, sehingga anda akan memiliki banyak pilihan yang sesuai dengan minat kamu.
      Tentunya jika sudah sesuai minat, yaa tidak boleh lagi berbasis kepada mood. Intinya kehidupan manusia memang selalu memiliki unsur rutinitas, karena alam semesta juga rutin: pernah kebayang kalau matahari terbit berdasarkan mood atau tanaman padi juga tumbuh berdasarkan mood, gimana repotnya kita mengatur jam pagi dan makan. Jadi rutinitas itu sebenarnya adalah anugrah.
      Coba tanyakan kepada para konsultan profesional yang bekerja terpaksa serabutan berdasarkan dateline betapa mereka merindukan rutinitas, seperti kemampuan untuk menonton bioskop di weekend atau mengantarkan anaknya kecil ke sekolah.
      Semakin kamu dewasa, maka kamu harus mampu mendewasakan diri, dengan merangkul rutinitas sebagai suatu realita, tidak dengan menyangkalnya. Cara-caranya banyak untuk membuat apa yang kita kerjakan secara rutin menjadi menarik kembali.
      Anak kecil saja memiliki puluhan cara untuk membuat “mainan”nya menarik kembali, atau bahkan menggunakan peralatan “dapur” sebagai mainan.

      Kontrol mood anda dengan tidak menyerah kepadanya, dan memfokuskan diri anda mengejar apa yang anda inginkan. Atau gunakan mood anda sebagai tujuan akhir yang anda kejar, saya harus kaya nantinya supaya saya bisa bekerja sesuai mood saya.

  69. pak saya ingin bertanya banyak tentang Teknik Industri itu sendiri dan apa gunanya sih teknik industri itu bagi dunia khususnya Indonesia,,
    saya blm seberapa paham tulisan yang di blog bapak saya jg mahasiswa teknik industri tapi bukan di Ui pak tolong bantuannya ya pak

    1. kalau kita sudah berdiskusi tentang peran dan manfaat TI bagi Indonesia, maka saya akan teringat dengan senior saya di TIUI, pak Bintang Pamungkas, yang selalu berapi-api dalam menjelaskan peran TI yang besar bagi negara ini.
      Sebuah negara yang kuat, hingga saat ini, direfleksikan oleh sektor produksi atau manufaktur yang kuat pula. Di Asia: Jepang, Korea dan China menjadi terdepan, dengan sektor produksi barang yang tinggi. Peran TI mendukung penuh sektor ini, sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas tertinggi. Tidak sehat bagi Indonesia untuk hanya bertindak sebagai penjual sumber daya mineral saja. Sederhananya sebuah restoran akan memiliki nilai tambah lebih tinggi, daripada penjual bahan makanannya, dan sebuah industri restoran akan membutuhkan sebuah sistem logistik yang kompleks untuk mendukungnya.

      Tentunya ketika sektor manufaktur tumbuh, akan dibutuhkan sektor pendukung jasa yang juga harus tumbuh untuk saling mensupport keduanya. Kita membutuhkan bank untuk melakukan ekspor dan impor, ngurusing gaji karyawan, kredit untuk ekspansi kapasitas dan lainnya. Sektor jasa juga akan membutuhkan tingkat efisiensi dan efektivitas yang sama, sehingga mereka akhirnya juga membutuhkan teknik industri.

  70. Terima kasih pak artikelnya,ulasan yang menarik ketika saya membaca “tes 3 menit”
    saya mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI). Ada yang berbeda pada jurusan yang ada di Sekolah ini, yaitu Teknik dan Manajemen Industri..berbeda dengan Universitas pada umumnya yang ber title “Teknik Industri”
    menurut pendapat bapak,apakah ada perbedaan yang besar antara “teknik” dengan “manajemen” kaitanya dalam pendidikan Teknik Industri…?

    Terima kasih,

    1. Saya tidak mengamati perbedaan antara 2 jurusan yang anda rasakan di tempat kuliah anda. Jawaban saya ini eksplorasi terhadap 2 kata teknik dan manajemen.

      Banyak pakar setuju, bahwa ilmu teknik memiliki unsur “rekayasa”, yang sering disebut sebagai rancang bangun. Ini berarti bobot perkuliahan untuk mendukung kemampuan rancang bangun menjadi lebih dominan di teknik. Problematikanya di Teknik Industri adalah, kemampuan untuk melakukan rancang bangun tidak melulu membutuhkan hal yang kuantitatif, secara seimbang dibutuhkan pula kualitatif. Ini karena yang dirancang oleh anak TI adalah sistem, walaupun mungkin sistem yang paling klasik diajarkan untuk dirancang adalah sistem produksi dan sistem pabrik, dimana keduanya memiliki unsur kuantitatif: faktor material dan alat, serta kualitatif: faktor manusia, keuangan dan metode. Untuk unsur kualitatif ini dibutuhkan pengetahuan manajemen, tetapi bukan manajemen secara umum, tetapi manajemen yang diaplikasikan di Industri. Jadi sebenarnya menurut saya tidak bisa di-dikotomikan, one part is an integral part of the other.

      Manajemen sendiri memiliki makna menjaga dan meningkatkan, karena jika hanya menjaga maka namanya administrasi, bukan manajemen. Manajemen=Improvement. Apakah untuk beajar manajemen, perlu mempelajari perancangan, maka jawabannya tidak.

      Jika ada yang memisahkannya, maka seharusnya pada bobot variasi dan kedalaman antara teknik dan manajemen, bukan kepada pembedaan yang tegas. Bagaimana kita bisa merancang dengan baik, kalau tidak bisa membayangkan bagaimana operasi dan pemeliharaannya (yang lebih banyak manajemennya).

  71. artikelnya sangat bermamfaat makasih pak,
    mo nanya pak saya semester 2 TI UNJANI : mata kuliah apa di TI yang merupakan ROH dari TI yang harus saya benar benar kuasai banget?

    1. Sulit dikatakan, karena suatu kuliah itu merupakan kombinasi antara aliran pemikiran institusi kamu (school of thought), rancangan kurikulum, materi kuliah dan kemampuan pendidiknya. Jadi saya tidak bisa merekomendasikan kuliah apa saja, siapa tahu di tempat kamu tidak ada atau pengajarnya kurang menguasai materinya.
      Karena kekuatan TI adalah pada aspek integrasi, maka cobalah mengamati dan melatih keahlian kamu dalam melakukan integrasi untuk menyusun suatu solusi, bisa dari tugas perkuliahannya atau dari pengelolaan kelompok kamu ketika ada tugas kelompok. Kuliah-kuliah “perancangan” biasanya mengandung aspek integrasi, karena ketika kita merancang, kita jangan terkukung oleh batasan apa yang harus dirancang, tetapi juga memperhatikan apa yang bisa saya integrasikan dalam rancangan ini sehingga apa yang saya rancang akan lebih baik.

  72. kalo ngelanjutin kuliah kelas karyawan teknik industri ada ga ya di UI ??
    syarat2 nya apa aja??

    1. UI tidak memiliki kelas karyawan, yang dimiliki adalah kelas ekstensi, yang sangat besar kemungkinan dalam beberapa tahun lagi akan ditutup oleh UI sesuai renstra UI. Ekstensi mensyaratkan perolehan SKS minimal yang setara dengan D3.
      Informasinya saya tidak tahu detail, mungkin silahkan anda browse ke penerimaan.ui.ac.id

  73. mas, saya mau mendalami tentang usability engineering, bagaimana review atau ulasan anda mengenai hal ini?thx

    1. Dulu saya pernah membawakan kuliah tentang usability engineering di FEUI, sebelum memutuskan untuk memilih rekayasa sistem sebagai bidang utama saya. Yang saya ketahui, dari sisi teknik industri, maka ini adalah pengembangan dari konsep human factors, tapi dari sisi lain memiliki unsur psikologi bahkan antropologi (karena kebiasaan manusia di setiap negara bisa berbeda).

      Intinya adalah bagaimana kita menaikkan kemampu-gunaan sebuah alat, dengan memperhatikan interaksi manusai dengan mesin melalui perbaikan antar mukanya (interface). Saya kira jika anda mencari di wikipedia, dengan kata kunci usability engineering, deskripsinya cukup singkat dan padat.

      Riset yang pernah saya lakukan yang sedikit menyentuh usability engineering adalah rancangan tatap muka integrated control system bebasis sentuh (touchscreen) dari apartemen, yang bisa mengontrol AC, security, lampu, TV dsb. Prosesnya memang memakan waktu karena tidak ada jalan lain kecuali dengan melakukan ujicoba berbagai macam desain interface, dan merecord apa yang dipikirkan. Saya memilih metodologi Think-Talk-Aloud, yang meminta responded menceritakan apa yang dia pikirkan ketika memandang screen dan memilih tombol (proses ini direkam dengan menggunakan video camera). Analisa dilakukan terhadap kecepatan menyelesaikan suatu tugas tertentu (misalnya mengurangi suhu AC dan mematikan lampu teras, dari menu utama), termasuk kebingungan seandainya responded kehilangan arah.

      semoga membantu

  74. Udah saya buatkan penjelasan tentang perkuliahan di TIUI yaa, silahkan lihat di page (tab) teknik industri diatas, kemudian pilih perkuliahan di TIUI

  75. saya mahasiswa yang baru diterima melalui ppkb tahun ni pak dan masih duduk di bangku sma..

    bisakah saya mendapatkan materi kuliah di sem 1 yg bakal saya dapatkan ?

    terima kasih ats bantuannya pak

    1. Nanti saya buat seri khusus deh tentang hal ini. Karena kebetulan saya sedang menjadi PA untuk angkatan 2008, dengan sistem on-line di UI mendorong saya menyusun penjelasan tentang keterkaitan antara perkuliahan yang diambil mahasiswa dengan kebutuhannya sebagai sarjana teknik industri nantinya.

  76. To: Websites administrator.
    Re: Replacement of domain http://www.ui.edu to http://www.ui.ac.id

    Dear Sir,
    Greetings from the university of Indonesia.
    I would like to inform you that from August 2008, the University of
    Indonesia (Universitas Indonesia) has changed its web domain and returned
    to http://www.ui.ac.id , based on the consideration that we use Indonesia (id)
    domain.

    We notice that in your web you have a link to our domain and would be very
    grateful if you could change the link in your web to http://www.ui.ac.id to point
    to our university.
    We appreciate you eagerness to collaborate with us, and look forward for
    further collaborative work with University of Indonesia’s member.

    Yours Sincerely

    Riri Fitri Sari
    CIO/ Head of Information Systems Development and services of the
    University of Indonesia
    7th floor Kampus Baru UI Depok 16424 Indonesia
    riri@ui.ac.id

Tinggalkan komentar