Dalam merancang slide presentasi, terutama untuk sidang seminar atau skripsi, saya sering mendapatkan rancangan slide yang memiliki banyak kelemahan sehingga terkadang menimbulkan kekesalan penguji sidang ujian. Tentunya sudah kesal dari awal, tidak akan baik buat mahasiswa yang bersangkutan.
image

Berikut ini kumpulan tips mengenai rancangan slide presentasi yang akan saya coba selalu update setiap kali saya menemukan kesalahan baru. Semoga membantu.

  • Perhatikan pada semua gambar yang mengandung teks, biasanya berupa flowchart (terutama flowchart metodologi penelitian), untuk dipastikan teksnya mudah dibaca. Jangan copy paste langsung gambar dari aplikasi lain karena biasanya akan mengecil dan akibatnya  sulit untuk dibaca tulisannya. Dosen anda tidak semuanya masih muda, banyak yang sudah senior, sehingga pastikan anda menggunakan huruf besar dalam materi presentasi. Saran saya selalu buat ulang gambar grafik di slide presentasi.
  • Huruf slide adalah simple, jenis huruf yang jelasukuran huruf yang bisa dibaca dari jarak 10 m dari dinding. Memang ada perbedaan minimum size font untuk ruangan kecil (min 18 pt ) dan ruangan besar (min 24 pt ) untuk font body.
  • Pastikan jika akan tidak menggunakan komputer sendiri, menggunakan font yang pasti ada atau standard di aplikasi tersebut sendiri. Terkadang jika di komputer kita ada aplikasi grafis, maka font-font nonstandard akan ditambahkan dan tampil dalam menu powerpoint. Ini karena windows akan mengumpulkan semua font dan menampilkannya. Akibatnya jika anda menggunakan font khusus, tapi di komputer untuk presentasi tidak ada, maka tampilan slide anda akan berantakan. Saran saya gunakan Arial dan Times new Roman, karena di windows ataupun macOS kedua font ini ada.
  • Warna slide huruf yang kontras dengan latar belakangnya, jika background
  • Jangan jadikan anda sebagai referensi, jika bagi anda mudah atau sudah jelas belum tentu bagi orang lain adalah sama. Perhatikan yang jelas di screen komputer anda belum tentu jelas di tampilan LCD. LCD yang dimiliki departemen juga memiliki kualitas terang yang berbeda-beda sehingga belum tentu warna-warna yang anda lihat di screen komputer bisa direproduksi dengan tepat ke layar utama.
  • Layout yang natural dari atas ke bawah dan kiri ke kanan. Ini karena memang bahasa indonesia didesain seperti lain dengan bahasa lain di dunia.
  • Perhatikan cetakan handsout Presentasi. Warna-warna jelas dilayar belum tentu memiliki hasil cetak yang mudah dibaca. Kombinasi warna-warna cantik dilayar bisa mengakibatkan gambar pudar, huruf yang tidak tercetak jelas (apalagi dengan kualitas fotocopy yang buruk). Jika perlu buatlah versi hitam putih dari presentasi anda terlebih dahulu untuk dicetak sebagai handsout.
  • Jangan tampilkan 222,32451231. Siapa yang peduli dengan 6 angka terakhir? Bulatkan secukupnya. Kecuali ini adalah presentasi paper ilmiah yang membutuhkan detail dan detail itu perlu
  • Gunakan skala yang sama untuk menunjukkan perbandingan antara grafik/chart . Saya sering melihat presentasi yang membandingkan dengan skala berbeda, dan sempat bingung kenapa kok chartnya tidak banyak perubahan. Misalnya  yang dikiri menggunakan skala 50 sedangkan kanan skala 100, sehingga jika terjadi perbaikan,  menjadi tidak terlihat.
  • Pastikan ada NOMOR Slide, yang juga dicetak dalam handsout, karena dalam tanya jawab penguji sering meminta untuk ditampilkan slide tertentu. Tanggal tidak usah.
  • Animasi harus memiliki tujuan. Anda bukan lagi anak kecil, jadi gambar animasi kelinci melompat, buku terbuka dll, jika tidak memiliki nilai tambah dalam slide, malah akan mengganggu pemahaman terhadap isi slide.
  • Hindari Animasi dalam Slide berbasis kepada click mouse. Karena membuat anda seolah-olah sibuk mengclick-click mouse seperti orang yang nervouse menclick-click ballpointnya. Belum lagi jika tiba-tiba ada lag antara click dan animasinya (biasanya karena komputernya lambat dan file gambar yang besar), maka akan mengganggu proses penjelasan anda. Saran saya animasikan secara otomatis tanpa harus mengclick mouse setiap slide. Gunakan mouse hanya untuk penegasan akhir slide dan pindah ke slide berikutnua
  • Gunakan Judul sebagai Kesimpulan Isi Slide. Gunakan judul sebagai kesimpulan apa yang kamu inginkan ketika orang melihat slide tersebut. Jika slide itu berisi sebuah grafik perbandingan dengan faktor C tertinggi misalnya maka judul slide adalah “faktor C mendominasi keseluruhan penyebab …”