Rekayasa sistem sebagai sebuah pendekatan didefinisikan sebagai sebuah pendekatan multidisiplin untuk mencapai keberhasilan dalam merealisasikan sebuah sistem (INCOSE). Untuk mencapai keberhasilan inilah, rekayasa sistem dimulai dengan mendefinisikan kriteria keberhasilan dari definisi kebutuhan pengguna sejak awal siklus pengembangan sistem, definisi ini didokumentasikan sebelum masuk kedalam proses perwujudan desain dan validasinya dengan tetap tidak melepaskan cara pandang holistik secara sistem.

Rekayasa Sistem sebagai disiplin ilmu didefinisikan sebagai disiplin bidang ilmu teknik yang bertanggung jawab menciptakan dan melaksanakan proses yang berciri multi-disiplin untuk memastikan kebutuhan pengguna dan pemegang kepentingan dipenuhi secara berkualitas, dapat dipercaya, biaya yang efisien dan sesuai jadwal di seluruh siklus hidup sistem. (INCOSE)

Dalam blog ini saya akan mengeksplorasi berbagai elemen dalam rekayasa sistem yang terfokus kepada 3 elemen pembangun kemampuan merekayasa sistem: Berpikir Sistem, Siklus Hidup Sistem dan Multi-disiplin.

Berpikir Sistem telah memiliki halaman khusus diblog ini, sehingga di halaman ini akan disajikan berbagai artikel dalam blog ini yang membahas tentang siklus hidup sistem serta tantangan dalam mewujudkan sebuah tim atau pekerjaan yang bersifat multi-disiplin.

Artikel tentang Siklus Hidup Sistem

 

Artikel tentang Multi-disiplin