Berikut ini adalah beberapa tips menjawab pertanyaan ujian skripsi atau seminar. Saya akan coba selalu update seandainya ada temuan baru.
image

 

Tanya jawab yang dimaksud di artikel ini adalah yang secara umum, bukan ke topik tertentu.

Jangan meminta diulang pertanyaan penguji, karena menunjukkan anda tidak menyimak pertanyaan. Terkadang memang penguji tidak jelas dalam menyampaikan pertanyaan, sehingga cara elegan untuk meminta diperjelas adalah dengan mengkonfirmasikan pemahaman kamu terhadap pertanyaannya. Tanyakan: “Maaf Pak, yang saya tangkap dari pertanyaan bapak adalah, mengapa…” Penguji akan mengklarifikasi jika memang bukan itu yang ditanyakan.

Menjawab pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Intinya sih jujur saja tidak bisa menjawab, kemudian jelaskan kenapa tidak bisa menjawab. Relakan nilai jika memang seharusnya kamu bisa menjawab, namun tidak bisa menjawab. Tentu berbeda jika tidak bisa menjawab karena (1) diluar ruang lingkup (2) tidak ada hubungannya dengan topik skripsi secara langsung (3) tidak terpikirkan ketika menyusun skripsi. Ketiga hal ini adalah penjelasan yang bisa kamu berikan jika menjawab.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan dibawah ini diharapkan membantu anda untuk menyiapkan diri untuk menjawabnya, tetapi ini hanya sebagian kecil dari kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan kepada anda, jadi tetap bersiap diri lebih baik.

  • Kenapa anda menggunakan metodologi ini? Apakah ada metodologi lain yang sebenarnya bisa anda gunakan? Sudahkah anda memahami semua metodologi anda?
  • Apakah konsep yang anda ajukan dapat digunakan dalam kondisi yang berbeda, tempat yang berbeda? Jika iya, apakah ada syarat-syarat khusus?
  • Apa yang anda pelajari yang menurut anda, unik dan tidak terdapat dalam teori yang anda telah baca?
  • Apakah kesimpulan sudah menjawab tujuan penelitian anda?
  • Jelaskan relevansi antara usulan solusi dengan masalah yang disampaikan!
  • Mengapa anda membatasi masalah seperti yang dilakukan dalam skripsi ini?
  • Apa saran anda untuk penelitian selanjutnya?