Salah satu ciri berpikir sistem adalah kesadaran bahwa suatu sistem tidak akan pernah mungkin untuk mencapai kondisi maksimal, yang ada adalah optimal.

Sistem selalu berada dalam kondisi multi dimensi, baik dimensi ruang maupun waktu. Apa yang maksimal pada detik ini mungkin menjadi tidak maksimal pada beberapa waktu kedepan. Apa yang maksimal di laboratorium (dalam ruang), ketika di luar ruang menjadi tidak maksimal.

Sistem Terbuka (Open Systems) bergesekan dengan semestanya melalui sebuah batasan sistem, artinya batasan ini bersifat flexible, variabel yang akan mempengaruhi sistem bisa dan akan berubah, sehingga sistem hanya bisa optimal, bukan maksimal, karena ketika dimensi waktu berjalan atau ruang berpindah, maka variabel baru yang mempengaruhi interaksi bisa muncul, dan mengubah hasil.

Apa implikasinya? Dalam mendesain sebuah sistem, kita harus “expect the best. prepare for the worst”. Kata-kata hasil maksimal menunjukkan pola berpikir yang masih linear bukan sistemik. Di dunia konsultan juga dikenal kata “under promise, over deliver” yaitu jangan terlalu menjanjikan hasil yang muluk-muluk walaupun anda telah memiliki pengalaman serupa. Sistem bisa serupa tapi tidak sama.