Apa itu Systems Engineering

Systems Engineering diindonesiakan pertama kali dengan sebutan Teknik Sistem, walaupun secara arti sebenarnya lebih tepat jika digunakan pengindonesiaan berupa rekayasa sistem, tetapi memang kata rekayasa itu memiliki konotasi negatif, sehingga istilah rekayasa banyak ditinggalkan. Walaupun demikian, dalam tulisan ini kita akan menggunakan rekayasa sistem sebagai penterjemahan istilah Systems Engineering.

Rekayasa sistem adalah kumpulan konsep, pendekatan dan metodologi, serta alat-alat bantu (tools) untuk merancang dan menginstalasi sebuah kompleks sistem. Kompleksitas sistem bisa diakibatkan karena 2 hal yaitu kompleksitas dinamis dan kompleksitas detail (baca artikel berikut). Kompleksitas detail ketika komponen atau sub-sistem yang dirancang tidak hanya banyak tetapi ditambah pula dengan multi-sourcing (multi suplier), multi standard, multi criteria dan lainnya.

Rekayasa sistem dewasa ini, terutama di Amerika, lekat dengan dunia militer, karena produk-produk militer memang memiliki kriteria akan kompleksitas detail seperti ini, misalnya pesawat tempur, kapal induk, sistem pertahanan rudal patrior dsb, dimana timbul kombinasi yang kompleks antara sub-sistem mekanis, sub-sistem elektronik dan sub-sistem manusia.

Disiplin ilmu sistem engineering sendiri dewasa ini sedang berevolusi untuk mencari jati diri. Sebagian besar masih bergabung dengan bidang ilmu lainnya seperti biologi, teknik industri, teknik komputer, teknik kimia (instalasi sebuah processing plant membutuhkan skill rekayasa sistem). Di teknik industri UI, rekayasa sistem menjelma menjadi sebuah kelompok keahlian yang berfokus kepada kompleksitas dinamis, yaitu kompleksitas akibat banyaknya alternatif kejadian yang terjadi pada setiap keputusan atau pergerakan sistem tadi.

About these ads

17 thoughts on “Apa itu Systems Engineering

  1. susilawati berkata:

    Pak Hidayatno, terimakasih atas share artikel sistem enggineering.
    jujur saya masih belum faham tentang sistem engineering. mohon bantuan Bapak, buku pegangan kuliah sistem engineering apa aja ya Pak.??? Terimakasih atas bantuan Bapak.

    • Buku Yang kita pakai di TIUI adalah Systems Engineering Principles and Practice (Wiley Series in Systems Engineering and Management)
      Alexander Kossiakoff. Namun ini juga dikombinasikan dengan materi dari INCOSE.

      Kalau kamu memang kuliah di TI maka sebenarnya lebih mudah memahaminya secara sederhana yaitu mengubah perspektif obyek yang dikelola dari produk atau jasa ke sebuah sistem, yang bisa saja merupakan kombinasi berbagai produk dan jasa.

    • Information Systems Engineering merupakan salah satu bidang aplikasi keilmuan rekayasa sistem yang berfokus bagaiman merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem informasi dengan mempertimbangan semua komponen penting dari sistem informasi.
      Pendekatan sistem sangat cocok untuk mengurangi kelemahan implementasi sistem informasi tradisional yang berfokus kepada hanya membuat software saja. Ada aspek orang, uang, barang dan metode yang harus dipertimbangkan untuk menjamin kesuksesan implementasi.
      namun memang untuk sistem informasi memiliki metode dan tools yang spesifik dalam rekayasa sistem, yang bisa kamu pelajarij di internet.

    • Systems engineering di Indonesia belum berkembang seperti di negara maju, karena tingkat kompleksitas manufaktur atau project di Indonesia, sebagian besar masih rendah. Project-project kompleks yang membutuhkan SE, biasanya karena didanai oleh hutang atau donor, maka dikelola pula oleh expert-expert dari negara pemberi dana.
      Hal ini realitas yang harus kita pelan-pelan ubah, dengan melibatkan dan membangun keahlian lokal.

      Sehingga di TI, saat ini SE dikenalkan sebagai sebuah pendekatan integratif dan sistematis untuk permasalahan multi-aktor dan multi-dimensi yang secara inheren memang kompleks, hanya saja kompleksitasnya mungkin dibandingkan system engineer di negara maju tidaklah tinggi.

  2. a2y berkata:

    Mohon bimbingannya :
    saya pernah membaca artikel bapak tentang metode rekayasa sistem jaringan komputer. dan klu saya boleh tau dapat referensinya dari mana? klu ada buku apa? serta artikelnya klu ada. makasih pak

    note:
    …..sebagai bahan buat pembuatan skripsi….

    • Wah, pertanyaan anda kok singkat yaa, tanpa memberitahu saya pada konteks apa atau pada hal apa anda mendapatkan istilah itu. Saya tidak tahu apa itu engineering web.

      Tetapi salah satu aplikasi systems engineering adalah dalam web development, dimana prinsip dan metodologi systems digunakan untuk membangun sebuah web yang kompleks.

    • Saya coba buatkan artikel tersendiri yaa mengenai hal ini, karena agak panjang. Tapi mengingat nggak banyak waktu yang tersedia maka tidak bisa dalam waktu cepat.

    • Buku yang digunakan di TIUI untuk rekayasa sistem adalah Systems Engineering: Principles and Practice, Alexander Kossiakoff, John Wiley&Sons, 2003

  3. Rekayasa sistem adalah kumpulan konsep, pendekatan dan metodologi, serta alat-alat bantu (tools) untuk merancang dan menginstalasi sebuah kompleks sistem…
    saya mau tanya pak….disini tools yg dipke itu apa ya pak?

    • Tools yang dipakai dalam systems engineering adalah mengambil dari tools yang juga dipakai di tempat lain, misalnya quality tools dan systems modeling tools. Tools, didefinisikan sebagai suatu barang dan cara yang bisa membantu anda untuk melakukan sesuatu lebih baik (lebih efektif dan/atau lebih efisien). Jadi memang bukan berarti suatu tools sudah sering digunakan di bidang lain, tidak boleh kita gunakan. Itu sama saja kita tidak boleh menggunakan alat palu untuk mecah batu kali, karena udah dipakai untuk bangun rumah.

      Sama dengan metodologi, jika anda hanya menggunakan model-V yang sering dianggap sebagai metodologi dasar untuk rekayasa sistem, maka sebenarnya model metodologi, mungkin tidak tepat digunakan dalam kondisi tertentu.

      Memang ada beberapa tools yang sering digunakan, yang “khas” untuk memecahkan komponen system, yaitu IDEF0 (Integration Definition for Function Modeling). Biasanya tools ini dipakai untuk menggambar fungsi dari sistem dan sub-sistemnya untuk mencapai tujuan sistemnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s